Virus picture dari YM (.jpg.zip)


Setelah sekian lama g nulis blog akhirnya ada kesempatan nulis lagi ne

hehehehe

Ok,dah langsung aja

Disini ane mo nulis tentang virus yang penyebarannya dari YM(yahoo messenger),jadi awalnya ane dapet message dari temen melalui YM yang ngeshare tentang gambar/picture. Nah kirain itu foto nikahan/apa tp setelah didownload ternyata file tersebut merupakan sebuah virus(backdor)yang kinerjanya yaitu terhubung ke internet secara sembunyi2.

contoh pesannya yaitu :

Untung aja beberapa AV ane berhasil membantu memblokir aksi tu virus untuk pergi ke url yg dituju(kebetulan pake windows defender&avast 6 free):-)

Berhubung kemaren pas kejadian AV ane belum diupdate so waktu ane scan pake windows defender/avast hasilnya nihil alias virusny g kedetect&g bisa quarantine/delete😦, akhirnya ane nyoba eksperimen sendiri& ini ane kasi cara ane dalam mematikan virus itu sementara waktu(perlu aplikasi tambahan yaitu “unlocker“&diharapkan sudah terinstall):

  1. Virus itu bersembunyi di folder “C:\Users\(nama pc agan2)\Network”,kebetulan nama folder ane “C:\Users\dhenys@69\Network”
  2. Setelah keinfect virus biasanya ada startup yang namanya “winmedia” cek lewat ‘windows+r’/tekan tombol start&ketikkan “msconfig”(utk vista/7),kalo uda ketemu monggo di disable dulu startupnya
  3. Kalo uda didisable kita restart PC kita kemudian kalo uda kita langsung ke TKP yaitu “C:\Users\(nama pc agan2)\Network”
  4. Kemudian mari kita buka command prompt utk pergi ke TKP dengan code “cd Network”kemudian kalo uda masuk kedirectory yg dimaksud silahkan ketikkan “dir /ah” ntr disana bakal muncul file/folder yg kehidden.
  5. kalo sudah silahkan cari file yang namanya”wmpkl32.exe”,kalo di folder TKP ada file tersebut berarti masalah pertama beres(virus has found)hehehehe.
  6. Kemudian mari buka windows explorer&pergi ke folder “C:\Users\(nama pc agan2)\Network” kemudian klik kanan folder tersebut&pilih “unlocker” kemudian akan terbuka windows baru dan muncul deh proses dari virus tsb&tinggal kalian pilih “Hentikan Proses”
  7. After that, beres sudah masalah pertama yaitu mematikan kinerja virus tsb.🙂

maaf g bisa nyertain gambar cz kebetulan virusnya uda ane disable duluan!hehehehe

Selain cara diatas diharapkan kalian yg sama2 pernah keinfect virus tsb supaya mengupdate AV agan sekalian utk kemudian melakukan scanning ulang agar virusnya bisa bener2 hilang

Kebetulan setelah melakukan hal diatas ane langsung update AV ane&akhirnya kedetect juga tu virus&berikut screen shootnya

nah,sekian dulu review dari saya mohon maaf kalo ada kesalahan&kekurangan

Semoga bermanfaat…..

Tinggalkan Balasan

